HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP KELAS III (RUANG CEMPAKA DAN KELIMUTU) RSUD PROF. Dr. W. Z. JOHANNES KUPANG

  • Yolanda Pama Prodi Ners STIKES CHMK

Abstract

Kecerdasan emosional yang baik diperlukan dalam pekerjaan keperawatan. Pekerjaan perawat sangat memerlukan keahlian dan keterampilan untuk memenuhi kebutuhan pasien yang mencakup kebutuhan biologis, psikologis, sosiologis dan spiritual pasien, sehingga untuk dapat terpenuhinya pelayanan yang komprehensip diperlukan kemampuan mengelola emosi secara baik yang akan meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan agar mendorong pula meningkatnya perilaku sosial dan kinerja perawat terhadap pasien. Tujuan Penelitian ini yaitu menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan kinerja perawat di ruang rawat inap kelas III RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasi.  Pendekatan dalam penelitian ini adalah cross-sectional pada 36 responden dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner dan menggunakan uji statistik Spearman Rho. Hasil uji statistik menunjukkan nilai . Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dengan kinerja perawat di ruang rawat inap kelas III RSUD Prof. DR. W. Z. Johannes Kupang. Oleh karena itu perawat agar mempertahankan kecerdasan emosional dalam aspek mengenali emosi diri dan mengembangkan aspek mengelola emosi dalam hal mengontrol diri ketika sedang marah, serta mempertahankan kinerja perawat dalam aspek kejujuran perawat. Meningkatkan aspek kecepatan respon dalam hal cepat dan tepat pada saat memberikan pelayanan. Kata kunci: Kecerdasan emosional dan kinerja perawat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Rudyanto, E. 2010. Hubungan antara Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual dengan Perilaku Prososial pada Perawat. Skripsi Sarjana. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. http://digilib.uns.ac.id. Diakses Tanggal 24 september 2016.
2. Simorangkir, R. 2011. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kinerja Perawat menurut Persepsi Pasien Di Rindu B2 RSUP Haji Adam Malik. Skripsi Sarjana. Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. http://repository.usu.ac.id/ Diakses tanggal 23 september 2016.
3. s Kupang. Selasa, 19 Agustus 2014. Menjawab Keluhan Pasien.
4. Nursalam, 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Ed. 3. Jakarta : Salemba Medika.
5. Satiadarma, M.P., & Waruwu, F.E. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
6. Goleman, D. 2007. Kecerdasan Emosional. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
7. Cooper, D.R & P.S. Schindler. 2001. Business Research Methods, 7th Edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
8. Ciarrochi, J., Forgas, J.P., & Mayer, J.D. 2001. Emotional intelligence in everyday life: a scientific inquiry. USA: Psychology press.
9. Hidayat, A. A. 2007. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisa Data. Jakarta : Salemba Medika.
Published
2016-10-02
Section
Articles