HUBUNGAN DUKUNGAN PSIKOSOSIAL KELUARGA TERHADAP PERSEPSI DIRI DAN KESEMBUHAN PENDERITA KUSTA DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS BAKUNASE DAN PUSKESMAS SIKUMANA KOTA KUPANG

  • yosef thiento tobu

Abstract

ABSTRAKTobu Yosef Thiento 2016 .“Hubungan Dukungan Psikososial Keluarga Terhadap Persepsi Diri dan               Kesembuhan Penderita Kusta Di Wilayah Kerja  Puskesmas Bakunase dan Puskesmas            Sikumana Kota Kupang” Karolus Ngambut, SKM, M.KesNs. Rosiana Gerontini, S.Kep. Penyakit kusta adalah penyakit kronik yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium leprae, yang pertama kali menyerang susunan saraf tepi. Penyakit kusta dapat menyebabkan masalah yang diakibatkannya karena adanya persepsi yang salah diantaranya adalah anggapan bahwa penyakit kusta merupakan penyakit kutukan, penyakit menjijikan. Persepsi tersebut menimbulkan beberapa masalah bagi penderita baik secara fisik dan psikologis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan psikososial keluarga terhadap persepsi diri dan kesembuhan penderita kusta di wilayah kerja Puskesmas Bakunase dan Puskesmas Sikumana Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Case Control Study dengan menggunakan uji statistic Chi-Square.Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 42 responden yang terbagi dalam kelompok kasus dan kontrol, yang memiliki dukungan psikososial baik dalam kelompok kasus (42,9%), dukungan psikososial cukup (57,1%), sedangkan pada kelompok kontrol yang memiliki dukungan psikososial baik (61,9%), dukungan psikososial cukup (38,1%). Persepsi diri pada baik pada kelompok kasus (57,1%), persepsi diri buruk (42,9%), sedangkan pada kelompok kontrol yang memiliki persepsi diri baik (71,4%) dan persepsi buruk (28,6%), dan kesembuhan pada kedua kelompok tersebut kelompok kasus memiliki kesembuhan baik (47,6%) dan sedangkan kelompok control memiliki kesembuhan baik (52,4%). Dari hasil uji statistic chi-square pada kelompok kasus di peroleh p-value 0,011<0,05 dan pada kelompok kontrol 0,017<0,05 yang menunjukan adanya hubungan antara dukungan psikososial keluarga terhadap persepsi diri dan kesembuhan penderita kusta pada kelompok kasus dan kontrol.                                                                                                             Kata Kunci : Dukungan Psikososial, Persepsi Diri, Kesembuhan

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Sosial.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Desi, Rahayu. (2012). Dukungan Psikososial Keluarga Penderita Kusta di Kabupaten Pekalongan. http://www.jurnal.unimus.ac.id/diakses tnggal 11/09/2015.
Depkes RI. (2007). Buku Pedoman Nasional Pengendalian Penyakit Kusta. Dirjen PPLP
Ferdinan. (2016). Hubungan Dukungan Psikososial Keluarga Dengan Kepatuhan Pengobatan Pasien Kusta
Fitria, Ariyanti. (2013).Hubungan antara Dukugan Keluarga dengan Konsep Diri Penderita Kusta di Desa Bangklean Kabupatan Blora.http://www.jurnal.unsrat.ac.id/ AriyantiFitria.pdf.
Friedman. (2003). Keperawatan Keluarga: Teori dan Praktek, Edisi 3EGC, Jakarta.
Harahap. (2006). Ilmu Penyakit Kulit. Jakarta:Hipokrates.
Hasan, Igbal. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik.Jakarta: Media Grafika.
Hidayat.(2009). Metode penelitian dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.
Hidayat.(2010). Metode penelitian dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.
Kementerian Kesehatan. (2012). Pedoman Nasional Program Pengendalian Penyakit Kusta.
Kholifah, Nur. (2009). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kesembuhan Penderita TB Paru.http://docupub.com/diakses tanggal 4/25/2016 jam 10.33 AM.
Nur, Eka. (2014). Strategi Koping Dalam Asuhan Keperawatan Terhadap Respon Psikologi Penderita Kusta RSUD PROF DR SOEKANDAR MOJOSARI.
Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Surabaya: Salemba Medika.
Otta, Doris. (2013).Gambaran Tugas Keluarga Di Bidang Kesehatan Dalam Perawatan Anggota Keluarga Yang Menderita Kusta Di Wilayah Kerja Puskesmas Bakunase. Skripsi. STIKes CHM-K: Tidak Dipublikasikan
Setiadi. (2007).Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Setiadi.(2008). Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu

Subdirektorat Kusta dan Frambusia. (2007). Modul Pelatihan Program P2 Kusta Bagin UPK.

Sudarso.(2007). Karya Tulis Ilmiah Bidang Kengansehatan (de penjelasan dasar metodologi penelitian san disain penelitian kesehatan). Surabaya: Salemba Medika.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sugiyono.(2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta, Cv.
Sunaryo. (2006). Psikologi Untuk Keperawatan.Jakarta : EGC.
Toha, Mochama (2007). Hubungan Persepsi Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Penderita Penyakit Kusta Dalam Menjalani Pengobatan MDT. (http;//eprints.undip.ac.id/38117)
Widyastuti. (2009). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Harga Diri Penderita KustaDi RSUD Tugurejo.
Yumantoro. (2015). Dukungan Psikososial Keluarga dengan Kepatuhan Berobat pada Pasien Kusta di RS Kusta Sumberglagah.http://www.jurnal.unimus.ac.id
Published
2018-01-09