PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG IMUNISASI DI PUSKESMAS PEMBANTU BATUPLAT

  • Helmi Fangidae Prodi Ners STIKES CHMK

Abstract

Imunisasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit. Kendala utama untuk keberhasilan imunisasi bayi dan anak-anak dalam sistem perawatan kesehatan yaitu rendahnya kesadaran yang dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan dan sikap ibu terhadap tindakan ibu dalam membawa bayinya untuk diimunisasi serta tidak adanya kebutuhan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang imunisasi dasar  lengkap. Desain penelitian ini adalah Quasy-experiment, dengan rancangan Non-randomized pre-test post-test with control group design. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang yang dibagi menjadi 40 orang kelompok intervensi dan 40 orang kelompok kontrol dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis dilakukan dengan uji Wilcoxon. Hasil uji statistik Wilcoxon menunjukan pengetahuan p value 0,000 (p< 0,05) dan sikap p value 0,000 (p< 0,05) dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang imunisasi dasar lengkap. Oleh karena itu diharapkan perawat lebih optimal dalam memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat melalui pendidikan kesehatan seperti leaflet atau media lainnya sebagai media penyalur informasi. Kata kunci:  Pendidikan  kesehatan, pengetahuan, sikap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta.
2. Yusnidar. 2012. Hubungan pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kelengkapan imunisasi dasar pada bayi usia 0-12 bulan di lingkungan kelurahan Sidorame Barat II Medan Perjuangan Tahun 2012. Karya Tulis Ilmiah. Medan: Universitas Sumatra Utara.
3. Rizani, A., Hakimi, M., & Ismail, D. 2009. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Prilaku dalam Pemberian Imunisasi Hepatitis B 0-7 Hari Di Kota Banjarmasin. Berita Kedokteran Masyarakat UGM. Vol. 25, No. 1 Maret 2009.
4. Palupi, A.W. 2011. Pengaruh Penyuluhan Imunisasi terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi sebelum Usia 1 Tahun. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
5. Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.
6. Hidayat, A.A. 2007. Metode penelitian kebidanan dan teknik analisa data. Jakarta: Salemba medika.
7. Mubarak, W. I. 2007. Promosi kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
8. Efendi, F.M. 2013. Keperawatan Kesehatan Komunitas: teori dan praktik dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
9. Notoatmodjo, S. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
10. Soedjatmiko. 2011. Pedoman imunisasi di Indonesia. Edisi 4. Jakarta: Fakultas kedokteran Universitas Indonesia.
11. Wawan, A. & Dewi, M. 2010. Teori & Pengukuran Pengetahuan, sikap dan perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Published
2016-10-02
Section
Articles